Advanced Hypersonic Weapon
Senjata terbaru AS, Advanced Hypersonic Weapon (foto:DARPA/HO/ip/Reuters)
Virginia - Amerika Serikat baru saja selesai melakukan ujicoba senjata tercanggih yang mempunyai kemampuan kecepatan hypersonic, Kamis (17/11/2011). Seperti dilansir oleh harian Reuters, senjata baru AS ini mempunyai kecepatan hingga lima kali kecepatan suara.
Senjata yang dinamai dengan Advanced Hypersonic Weapon ini diuji coba melalui fasilitas peluru kendali pasifik yang berada di Kauai, Hawaii. Advanced Hypersonic Weapon ini mampu mencapai Atol Kwajelein yang memiliki jarak 2.300 mil dengan hanya dalam waktu tak lebih dari 30 menit.
Dalam sebuah laporan yang dirilis, senjata terbaru AS ini merupakan program militer yang dikembangkan sebagai senjata penyerang global. Dengan senjata seperti ini, AS mampu melakukan penyerangan ke negara belahan dunia manapun dengan waktu tidak lebih dari satu jam.
Menurut Pentagon, Advanced Hypersonic Weapon atau AHW ini sengaja didesain secara khusus agar mampu terbang dalam jarak yang jauh dengan kecepatan suara. Ujicoba kali ini diperlukan guna mengumpulkan data dari teknologi yang digunakan dalam senjata ini. Selain itu, ujicoba ini juga digunakan untuk melihat kemampuan senjata tersebut dalam melakukan perjalanan yang jauh.